Cara Mengisi Kuisioner Literasi Teknologi Informasi bagi Guru dan Cara Mengaktifkan PTK di Padamu Negeri- Sobat PTK dan Operator Sekolah berdasarkan Jadwal Rilis Fitur Padmu Negeri bahwa pada tanggal 2 Februari 2015 yang lalu telah dirilis tentang Pengelolaan Jadwal Kelas Mingguan ( Tugas Operator Sekolah ), Literisasi TI bagi Guru ( tugas Guru masing-masing), Ajuan NUPTK baru ( S06 ) tugas Guru masing-masing dibantu Operator, dan Registrasi PTK Baru ( A05/A06) atau yang sering disebut dengan Pengajuan PegID ( tugas PTK dibantu Operator ).
Untuk Pengelolaan Jadwal Kelas Mingguan, silahkan baca 5 Langkah Mengelola Jadwal Kelas Mingguan. Adapun untuk pengisian kuisoner perlu para PTK pelajari point-point pertanyaan di bawah ini sebelum Anda melakukan pengisian di login PTK Padamu Negeri agar dalam pengisiannya tidak memakan waktu terlalu lama, karena kalau kelamaan maka sistem padamu negeri biasanya mengucapkan " maaf data Anda tidak tersimpan, silahkan Login Ulang ",,he he. Silahkan Download Formulir Kuisioner Literasi TI Guru
A. Profil Akses terhadap TIK dan Internet.
- Apakah Anda memiliki komputer sendiri ?
- Apakah Anda memiliki akses ke internet broadband di rumah?
- Apakah Anda memiliki akses ke perangkat komputasi mobile seperti ponsel 3G atau iPhone/Android?
- Apakah di sekolah Anda terdapat akses Internet?
B. Minat dan Sikap Terhadap Penggunaan TIK
- Sejauh mana Anda tertarik menggunakan TIK untuk keperluan pribadi?
- Sejauh mana Anda tertarik menggunakan TIK untuk keperluan belajar mengajar?
- Sampai sejauh mana Anda menggunakan TIK untuk keperluan pribadi?
- Sampai sejauh mana Anda menggunakan TIK untuk keperluan belajar mengajar?
- Sejauh mana Anda percaya bahwa TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
- Seberapa percaya dirikah Anda menggunakan TIK dengan siswa untuk belajar dan mengajar?
C. Penguasaan Aplikasi/Piranti Lunak
- Pengolah Kata (contoh: Microsoft Word, OpenOffice Writer)
- Aplikasi Presentasi (contoh: Microsoft PowerPoint, OpenOffice Impress)
- Spredsheet (contoh: Microsoft Excel, OpenOffice Calc)
- Pengolah Grafis (contoh: Paint, IrfanView, ! Adobe Pho! toshop, Paint Shop Pro)
- Perekaman Gambar Digital (contoh: dengan Kamera Digital, dan Scanner)
- Penyusunan Multimedia (contoh: Adobe Flash)
- Pemetaan Pikiran/Konsep (contoh: Inspiration, MindMapple, MindJet)
- Pengolahan Video Digital (contoh: Adobe Premier, MovieMaker, iMovie)
- Email (Outlook, Gmail, Lotus, Yahoo)
- Penjelajah Internet (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome)
- Penjarian Web (Google, Yahoo, Bing)
- Perancangan Web (Adobe Dreamweaver, Frontpage)
- Web 2.0 dan Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, Path, YouTube, Ning)
- Pengelolaan Kelas Online (Moodle, Blackboard, Edmodo, Schoology, Kelase)
- Penerbitan Online (Wordpress, blo! gspot, po! dcast, publikasi video di YouTube)
- Pencetakan (menggunakan printer)
- Penggunaan LCD proyektor untuk presentasi
- Pemanfaatan data pendidikan secara online (Dapodik, Padamu, dll)
- Pemanfaatan sumber belajar digital (Buku Sekolah Elektronik, Rumah Belajar, dll)
D. Kompetensi Teknologi Digital & Pengetahuan Pedagogis
- Saya nyaman menggunakan teknologi digital.
- Saya belajar tentang teknologi digital baru dengan mudah.
- Aku terus mencari tahu tentang teknologi digital baru.
- Aku tahu bagaimana untuk memecahkan masalah teknis saya sendiri.
- Saya memiliki keterampilan yang diperlukan dalam menggunakan teknologi digital dalam mencapai tujuan pribadi.
- Saya memiliki keterampilan penggunaan teknologi digital untuk mencapai tujuan profesional (belajar dan mengajar).
- Saya tahu bagaimana menilai kinerja siswa di kelas
- Saya dapat mengadaptasi pengajaran berdasarkan apa yang saat ini diketahui dan yang tidak diketahui oleh siswa
- Saya dapat mengadaptasi gaya mengajar untuk pembelajar yang beragam
- Saya dapat menilai pembelajaran siswa dengan cara yang beragam
- Saya dapat menggunakan berbagai pendekatan pengajaran di kelas
- Saya familiar dengan pengetahuan umum siswa dan miskonsepsinya
- Saya tahu bagaimana melakukan pengelolaan kelas
- Saya tahu bagaimana melakukan pembelajaran aktif dengan dukungan teknologi
- Saya dapat memilih pendekatan mengajar yang efektif untuk memandu pemikiran dan pembelajaran siswa dalam mata pelajaran yang saya ampu
- Saya tahu tentang teknologi yang dapat saya gunakan untuk memahami dan mengaplikasikan mata pelajaran saya
- Saya dapat memilih teknologi yang dapat meningkatkan pendekatan pengajaran saya
- Saya dapat memilih teknologi yang dapat meningkatkan pembelajaran siswa
- Saya berpikir kritis tentang bagaimana menggunakan teknologi di kelas saya
- Saya bisa mengadaptasi penggunaan teknologi untuk pengajaran yang berbeda.
- Saya dapat memilih teknologi untuk digunakan di kelas untuk meningkatkan apa yang saya ajarkan, bagaimana saya mengajar dan apa yang siswa pelajari
- Saya dapat menggunakan strategi yang menggabungkan konten, teknologi dan pendekatan pengajaran di kelas saya.
- Saya dapat memberikan dukungan dan kepemimpinan dalam membantu orang lain untuk mengkoordinasikan penggunaan konten, teknologi dan pendekatan pengajaran di sekolah, gugus dan/atau cakupan yang lebih luas.
- Saya bisa memilih teknologi yang meningkatkan kualitas isi! pelajara! n
- Saya bisa mengajar secara tepat dengan menggabungkan isi mata pelajaran dengan teknologi dan pendekatan pengajaran yang sesuai
Adapun Cara Mengisi Kuisioner di Padamu Negeri adalah sebagai berikut :
1. Kunjungi Padamu Negeri Kemdikbud kemudian klik Login PTK
2. Masukkan NUPTK, password, kemudian klik masuk
3. Klik PTK
4. Klik Mulai Kuisioner
5. Jawab pertanyaan dengan cara memberi tanda pada kolom Ya atau Tidak
6. Jawab pertanyaan noor 1-19 setelah selesai klik Lanjut
7. Jawab pertanyaan nomor 1-25, kemudian klik Simpan. Selesai
8. Setelah data tersimpan maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Aktifkan
9. Klik OK
10. PTK telah aktif
Demikian Cara Mengisi Kuisioner Literasi TI dan Cara Mengaktifkan PTK di Padamu Negeri. Semoga bermanfaat
0 Response to "Download dan Cara Mengisi Kuisioner Literasi Teknologi Informasi bagi Guru serta Cara Mengaktifkan PTK di Padamu Negeri"
Post a Comment